Beenatu

Arti Kode Error Mesin Cuci dan Solusinya. Pengusaha Laundry Wajib Tahu!

Kode Error Mesin Cuci
Kode Error Mesin Cuci

Bagi Anda yang memiliki usaha laundry, pasti pernah mengalami tiba-tiba mesin cuci tidak bisa digunakan dan menampilkan kode yang Anda sendiri tidak paham maksudnya. Sangat menyebalkan bukan? Ada  beberapa kasus, mesin cuci error baik dari hanya sekedar menampilkan kode, keluar bunyi beep hingga tak bisa dioperasikan. Berikut ini kode error mesin cuci dan solusinya untuk beberapa merek yang bisa membantu permasalahan mesin cuci Anda.

1. LG

DE = Door Error
PE = Pressure Error
IE = Inlet Error
UE = Unbalance Error
CL = Child Lock
OE = Drain Error

2. SAMSUNG

DE = Door Error
1E = Pressure Error
4E = Inlet Error
UE = Unbalance Error
CL = Child Lock
3E = Motor Error
5E = Drain Error

3. SHARP

E1 = Inlet Error
E2 = Door Error
E3 = Drain Error
E4 = Unbalance Error
LE/E9 = Pressure Error
C2 = Power Failure

4. ELECTROLUX

E10 = Inlet Eror
E20 = Drain Eror
E30 = Pressure Eror
E40 = Door Eror
E50 = Eprrom Eror
E60 = Heat error

5. PANASONIC

U11 = Drain Error
U12 = Door Error
U13 = Unbalance Error
U14 = Inlet Error
H01 = Power Failure

6. PRESSURE ERROR CODE

E2 = POLYTRON
E4 = AKARI
E7 = TOSHIBA
F1 = SANKEN

Berikut solusi dari permasalahan kode error mesin cuci diatas

1. Door Error

Pada merek tertentu misal LG menggunakan sensor magnet yang berada dibagian depan pintu seringkali magnet tersebut terlepas atau berkarat. Cara mengatasinya bisa dijumper langsung sensor yang terdapat pada panel control, bentuknya seperti lampu neon kecil berwarna hijau. Sambungkan serabut kabel pada kedua kakinya atau bisa juga menambahkan magnet diatas sensor tersebut.

Sedangkan pada merk lainnya terdapat switch dibagian belakang pintu, biasanya switch tersebut berkarat atau kabel yang terhubung pada switch putus.

2. Pressure Error

Sensor ketinggian air bermasalah biasanya socket pada sensor tersebut berkarat atau sensor tersebut sudah bermasalah dan harus diganti.

3. Inlet Error

pengisian air bermasalah biasanya filter pada selenoid kotor atau tekanan air dari sumber/kran terlalu lemah sehingga tidak bisa mendorong katup selenoid atau bisa juga permasalahan ada pada selang pressure yang terhubung ke sensor water level terlepas sehingga air terus mengalir dan proses pencucian pun tidak bisa berjalan secara otomatis, dalam jangka waktu tertentu akan muncul kode error.

4. Unbalance Error

Hal ini terjadi karena beban pakain yang kurang merata/seimbang atau dari penempatan masin cuci pada bidang yang miring. Kendornya fanbelt/linden juga berpengaruh sehingga bisa menimbulkan munculnya kode error tersebut.

5. Drain Error

Pada saluran pembuangan terjadi penyumbatan biasanya karena adanya uang koin atau kotoran serat-serat pakaian pada lubang pembuangan, atau karena drain motor tidak bisa menarik katup seal karet pembuangan. Cek arus listrik yang mengalir pada drain motor.

6. Child Lock

Tombol pengaman anak. tekan dan tahan kedua tombol secara bersamaan selama 2-5 detik. Letak tombol tersebut biasanya berdekatan dan diantara kedua tombol terdapat simbol gembok/anak-anak/garis penghubung keduanya.

7. Power failure

Teganggan listik kurang dari 220v sehingga akan muncul code tersebut

8. Heat error

Ini terkait dengan terjadinya panas berlebihan saat mencuci, biasanya karena penggunaan program mencuci dengan air panas, bisa juga karena mesin cuci lama tidak digunakan sehingga banyak kotoran menumpuk, solusinya dibersihkan

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *