Beenatu

Mau Sepatu Kesayangan Tetap Awet? Berikut Cara Merawat Sepatu Berdasarkan Jenis Bahannya

Pakaian yang modis rasanya kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan sepatu yang sesuai. Selain model sepatu yang semakin variatif, bahan yang digunakan untuk membuat sepatu pun bermacam-macam. Seperti halnya merawat kulit, merawat sepatu pun memiliki cara yang berbeda-beda bergantung pada bahannya. Perawatan yang benar dan tepat menjadi kunci utama agar sepatu tetap terlihat awet. Lalu bagaimana cara merawat sepatu yang baik dan benar sesuai dengan bahannya? Simak tips-tips berikut agar sepatu kesayanganmu tetap awet.

1. Bahan Suede (Suede Material)

Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Suede merupakan salah satu bahan sepatu yang paling populer sekaligus paling banyak dihindari oleh para pria maupun wanita. Jika kamu memiliki sepatu suede, belilah sikat sepatu khusus bahan suede untuk menghilangkan noda di permukaan sepatu. Jika terdapat noda membandel, gunakan stain-remover khusus untuk bahan suede. Untuk menghilangkan bercak noda yang mengandung garam, misalnya dari makanan atau minuman, manfaatkan sedikit cuka.

2. Nubuck Leather (Kulit Nubuck)

Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Nubuck leather sekilas terlihat mirip dengan suede, namun keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Nubuck leather memiliki tekstur yang lebih halus dari suede. Namun untuk merawatnya sama seperti merawat sepatu berbahan suede. Sikat dan penyemprotnya pun sama dengan suede, sehingga kamu tidak perlu membeli dua sikat atau penyemprot berbeda jika memiliki sepatu atau aksesoris lain yang memiliki bahan dasar nubuck leather dan suede.

3. Kulit Asli (Genuine Leather)

Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya

Sepatu berbahan kulit merupakan jenis sepatu paling awet dibandingkan dengan bahan sepatu lainnya. Bahan kulit untuk sepatu dibedakan menjadi dua, yaitu kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (faux leather). Untuk sepatu dengan material kulit asli, apabila terkena kotoran bersihkan dengan kain lembut yang telah diberi sedikit air. Gosok pada permukaan sepatu yang berserat. Jika terdapat noda membandel, gunakan shampo lembut yang diciptakan khusus untuk membersihkan bahan kulit.

Setelah sepatu kering, gunakan semir berbahan silikon yang warnanya sama dengan sepatu. Semir sepatu khusus kulit tersedia di berbagai toko sepatu. Gunakan krim tersebut dengan selembar kain yang lembut. Biarkan selama beberapa menit, lalu sikat sampai mengilap dengan kain atau sikat yang lembut. Tambahkan beberapa tetes air pada kain lap agar mengkilap. Kamu juga bisa menambahkan semprotan anti air dan anti noda agar sepatu Anda lebih terproteksi

4. Kulit Sintetis (Faux Leather)

Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Sepatu dan barang lain yang berbahan dasar kulit sintetis juga memerlukan perawatan khusus agar tetap awet. Bersihkan bahan kulit sintetis dengan sabun khusus kulit. Beri sedikit air pada kain lap, oleskan sabun ke atasnya dan gosok hingga berbusa. Gunakan busa pada permukaan sepatu, sambil gosok perlahan. Bilas busa hingga bersih. Usahakan jangan ada air yang masuk ke bagian dalam sepatu.

5. Bahan Kanvas (Canvas Material)

Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Sepatu berbahan kanvas merupakan salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh pria dan wanita. Selain nyaman, sepatu kanvas memiliki bahan yang ringan dan juga sangat kasual sehingga cocok dipakai untuk bersantai. Untuk membersihkan sepatu berbahan kanvas, siapkan terlebih dahulu peralatan seperti sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Larutkan deterjen ke dalam air hangat dan sikat sepatu kanvas sampai bersih. Bilas dan jemur pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Setelah kering seluruhnya, letakkan sepatu di rak atau kardus dengan sirkulasi udara yang baik supaya terhindar dari kelembapan dan tidak ditumbuhi jamur.

6. Bahan Denim atau Jeans

Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya
Cara merawat sepatu berdasarkan bahannya

Bahan denim sebenarnya hampir serupa dengan bahan kanvas. Bahan ini pun lebih sering dipergunakan untuk membuat sneakers. Cara perawatannya pun sama dengan merawat sepatu kanvas. Kamu hanya memerlukan sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Jika bagian dalam sepatu berbau tidak sedap, tambahkan sedikit baking soda ke dalam larutan deterjen untuk menghilangkan aroma tersebut.

Ibarat pepatah, lain lubuk lain belalang, lain jenis sepatu lain pula perawatannya. Kenali dulu jenis bahan sepatu kesayanganmu agar tidak salah dalam merawatnya. Take a good care of your shoes

Sumber: beautynesia.id

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *