Beenatu

Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan

tips mencuci pakaian saat musim hujan
tips mencuci pakaian saat musim hujan

Musim hujan telah tiba. Walau ada yang bilang hujan itu membawa berkah, namun hujan juga dapat menjadi momok. Selain sedikit menghalangi aktivitas, juga membuat was-was saat Anda mencuci pakaian. Baju-baju kotor jika tidak segera dicuci akan menumpuk, tapi jika dicuci, akan terancam bau apek karena tidak bisa kering sempurna.

Bagi Anda yang mencuci dengan mesin cuci, tentu ini bukan menjadi masalah besar karena bisa langsung mengeringkan pakaian di dalam tabung mesin cuci. Namun jika Anda mencuci pakaian secara manual dengan tangan, ikuti tips mencuci pakaian saat musim hujan berikut ini agar pakaian Anda tidak bau apek.

1. Saat Merendam

Sebelum direndam, pisahkan terlebih dahulu pakaian yang berwarna dengan yang putih. Setelah itu baru rendam dengan deterjen dalam air dingin atau air biasa selama 25 menit. Jika direndam dalam air panas, pakaian bisa menjadi cepat lusuh dan warnanya memudar.

2. Saat Mengucek

Setelah direndam selama kurang lebih 25 menit, langkah selanjutnya adalah mengucek. Saat melakukan tahap ini, mulanya lakukan dengan perlahan, setelah itu baru tambah kecepatan dalam mengucek. Sebelumnya Anda perlu menyiapkan satu atau dua ember yang berisi air bersih untuk tempat cucian yang telah dikucek tersebut.

3. Saat Membilas

Tahap selanjutnya adalah membilas. Saat melakukan pembilasan, periksa dan pastikan bahwa tidak ada noda yang tertinggal. Jika dirasa masih ada, segera kucek kembali hingga benar-benar bersih dan tidak ada yang membekas. Setelah itu baru bilas lagi hingga bersih.

4. Saat Menjemur

Bisa dibilang proses ini adalah proses yang paling penting dalam menghindari bau apek selama musim hujan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat tempat jemuran di dalam ruangan yang tidak memaparkan cahaya matahari secara langsung. Di samping itu, Anda bisa menambahkan kipas angin dan lampu pada ruangan tersebut untuk membantu proses pengeringan.

5. Saat Menyetrika

Setelah dijemur, tahap selanjutnya adalah menyetrika. Setrika satu-persatu pakaian Anda, dan jika menemukan ada bagian yang belum kering betul, Anda bisa segara menyetrikanya. Setelah dirasa benar-benar kering, semprotkan pewangi. Usahakan tidak menyemprotkannya ketika masih basah ya, karena justru membuat baju Anda berbau tidak sedap.

Dengan tips mencuci pakaian saat musim hujan di atas, kini anda tak perlu khawatir lagi untuk mencuci. Semoga bermanfaat.

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *