Beenatu

5 Tips Agar Konsumen Tertarik Membeli Produk/Jasa Anda

tips menarik konsumen
Tips agar konsumen membeli produk anda

Setiap penjual pasti menginginkan setiap produk/jasa yang ditawarkankannya dibeli oleh konsumen. Tentu saja memerlukan trik tersendiri agar calon konsumen tertarik dan akhirnya membeli produk/jasa yang ditawarkan. Jangan sampai calon konsumen berpaling ke kompetitor karena tidak adanya strategi khusus dalam menjaring konsumen.

Memenangkan hati konsumen adalah salah satu syarat supaya bisnis anda terus berkembang.  Tapi bagaimana caranya? Apakah sulit?  Silahkan simak 5 tips agar konsumen tertarik membeli produk/jasa anda berikut ini.

1. Temukan keunikan produk anda

Pehatikanlah hal-hal yang membuat produk/jasa Anda unik di mata konsumen. Gali keunikan dan ciri khas produk/jasa Anda yang tidak bisa ditemukan di produk/jasa lain, termasuk dari segi spesifikasi, segi tampilan, maupun hal lainnya. Jangan hanya mengikuti arus dengan membuat produk/jasa yang sama atau mirip dengan kompetitor lain. Cobalah untuk menciptakan sesuatu yang baru. Dengan memiliki keunikan sendiri yang tidak ada duanya, dijamin Anda akan memiliki konsumen setia nantinya. Jangan lupa sampaikan juga tentang tujuan utama yang ingin dipenuhi oleh produk/jasa yang Anda jual.

2. Konsisten dalam memberi informasi

Siapa orang yang suka jika diberi informasi yang berbeda-beda? Hari ini bilang A, hari berikutnya bilang B. Pasti konsumen akan kehilangan kepercayaan akan produk/jasa yang Anda jual. Dalam menyampaikan informasi kepada konsumen, konsistensi merupakan hal yang tak dapat dielakkan bila Anda ingin terus dipercaya oleh mereka. Jika Anda sudah bisa konsisten dalam hal ini, maka Anda perlahan-lahan akan dapat menjaring konsumen dengan lebih efektif. Konsistensi informasi yang Anda berikan  juga bisa memberikan minat baru terhadap produk/jasa yang Anda jual.

3. Gunakan testimoni

Testimoni merupakan salah satu hal yang bisa dijadikan senjata untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Karena dengan testimoni bisa membuat konsumen membeli produk/jasa yang Anda jual tanpa berpikir dua kali. Hubungi konsumen-konsumen Anda yang merasa puas dengan pelayanan Anda. Cobalah untuk meminta mereka mengulas produk/jasa yang Anda jual.

Setelah mendapatkan testimoni dari para konsumen, Anda dapat menampilkan testimoni tersebut di dalam website, media sosial, atau bahkan dalam packaging produk. Testimonial dari para konsumen ini akan menghilangkan keragu-raguan ketika ingin membeli produk Anda sekaligus membuat kepercayaan mereka terhadap produk Anda meningkat, terlebih lagi bagi konsumen yang membeli produk/jasa Anda untuk pertama kali.

4. Maksimalkan Search Engine Optimization

Di poin ini Anda mungkin akan lebih dihadapkan pada hal-hal yang bersifat teknis. Search Engine Optimization dan kata kunci merupakan dua aspek terpenting untuk membuat produk/jasa anda mudah terlihat di Google. Gunakanlah kata-kata yang catchy dan frase yang kemungkinan besar akan diketik banyak orang di search engine dengan Google Keyword Planner.

Anda bisa mempertajam pencarian dengan menggunakan media sosial. Dengan platform Twitter, Anda bisa menggunakan salah satu hashtag yang sedang menjadi trending topic untuk memberikan eksposure terhadap iklan online anda.

5. Pahami konsumen anda

Memiliki pengalaman dengan berbagai macam konsumen dan pasar yang telah Anda pilih merupakan sebuah pengalaman berharga. Pasar yang berbeda membutuhkan perbedaan strategi pula. Membangun strategi pemasaran untuk menjangkau varian demografis yang lebih luas akan membuat hubungan Anda dan konsumen menjadi lebih personal. Gunakanlah teknik soft selling agar timbul keakraban dengan konsumen.

Jika keakraban dengan konsumen telah terjalin, konsumen akan merasa nyaman dan hasil yang lebih konkret biasanya akan muncul, seperti keputusan untuk membeli barang kepada Anda.

Itulah 5 tips agar konsumen tertarik membeli produk/jasa anda. Dalam menjalankan sebuah bisnis membutuhkan strategi-strategi khusus untuk bisa berkembang, jika tidak maka siap-siap saja bisnis anda tergusur oleh kompetitor.

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *