Beenatu

Tips Memilih Deterjen Yang Baik Dan Aman

tips aman memilih deterjen
tips aman memilih deterjen

Deterjen adalah salah satu komponen yang harus ada ketika kita mencuci baju. Deterjen digunakan untuk membantu pembersihan dan terbuat dari campuran berbagai macam bahan kimia. Dibanding dengan sabun, deterjen mempunyai keunggulan diantaranya mempunyai daya cuci yang lebih baik.

Saat ini banyak jenis deterjen yang beredar di pasaran. Mulai dari yang bisa memutihkan hingga melembutkan pakaian. Namun kita juga harus cermat dalam memilih deterjen yang akan digunakan, karena apabila kita salah dalam memilih deterjen akan membahayakan kesehatan kita maupun lingkungan sekitar kita. Berikut ini adalah tips aman dalam memilih deterjen.

1. Ramah lingkungan

Deterjen ramah lingkungan adalah yang biodegradeable yaitu dapat terurai secara alamiah. Cara pengujiannya yaitu campur deterjen dengan air aduk merata dan siramkan ke tanah dan tanaman, apakah tanaman tersebut dapat hidup di hari-hari berikutnya. Jika masih hidup menandakan deterjen aman digunakan.

2. Tidak panas di tangan

Deterjen yang menyebabkan panas apabila digenggam di tangan menandakan deterjen tidak aman bagi serat kain. Hal ini terjadi karena adanya reaksi dari soda (Sodium hydroxide) terhadap lemak di bawah lapisan kulit. Bahan ini digunakan karena murah harganya. Bahan tersebut bersifat korosif dan jika kadarnya banyak dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Cara pengujiannya yaitu larutkan deterjen ke dalam air dan kemudian rendam beberapa logam besi dan biarkan beberapa hari, dan lihat hasilnya. Apakah logam tersebut berkarat atau tidak. Jika berkarat maka deterjen tidak aman.

3. Tidak banyak busa

Mitos yang selama ini ada di kalangan ibu rumah tangga yaitu bahwa mencuci semakin bagus dengan banyaknya busa pada cuciannya. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena busa tersebut timbul karena adanya bahan busa (Carboxymethyl Cellulose) sejenis bahan kimia yang hanya menghasilkan buih dan reaksi lainnya tidak ada. Karena banyaknya busa maka kita akan makin asik menyikat pakaian dan akhirnya kotoran di pakaian hilang karena kita sikat, bukan karena deterjen itu sendiri. Tentu saja ini menguras banyak tenaga.

4. Cepat mengangkat noda

Deterjen yanga baik adalah deterjen yan mampu mengangkat kotoran dari kain/pakaian. Apabila kita merendam pakaian dalam deterjen, yang kita harapakan adalah kotoran pada baju bisa lepas. Namun sering baju yang kita rendam kotoran nya tetap ada pada baju tersebut sehingga kita mesti menyikatnya untuk menghilangkan kotoran tersebut. Cara mengujinya adalah larutkan sabun pada segelas air aduk hingga rata lalu masukkan sisir yang kotor ke dalamnya dan rendam selama 20 menit. Lihat apakah kotoran sisir tersebut dapat lepas dari sisirnya dan coba aduk-aduk, apakah ada kotoran sisir yang terlepas.

5. Berat jenis deterjen lebih berat dari air

Deterjen yang baik adalah deterjen yang berat jenisnya lebih berat dari pada air, jika dilarutkan dalam air maka ia akan tenggelam. Cara mengujinya yaitu tuang satu sendok takar deterjen ke dalam segelas air, dan perhatikan apakah mengapung atau tenggelam.

Itulah tips dalam memilih deterjen yang baik dan aman. Semoga bermanfaat.

beenatu adm

One thought on “Tips Memilih Deterjen Yang Baik Dan Aman

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *