Beenatu

Mau Mencuci Karpet Sendiri? Ini Caranya

mencuci karpet
mencuci karpet

Apa yang anda bayangkan ketika harus mencuci karpet sendiri? Pasti yang terbayang adalah ribet dan susah sehingga malas duluan dan ujung-ujungnya dibawa ke tempat jasa cuci karpet. Tentu saja ini akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika karpetnya tebal dan panjang biayanya pun semakin mahal.

Sebenarnya mencuci karpet tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Yang anda butuhkan hanya beberapa alat dan semacam shampoo untuk membersihkannya. Berikut ini langkah-langkahnya dalam mencuci karpet dengan mudah.

1. Langkah pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mencuci karpet adalah menbersihkannya dari debu. Anda bisa membersihkan secara manual mengunakan sapu lidi atau dengan cara modern dengan menggunakan vacuum cleaner. Disarankan memakai vacuum cleaner wet and dry karena debu yang hilang lebih merata, selain itu dapat membersihkan kotoran berupa air yang terdapat di karpet.

2. Langkah kedua

Langkah kedua adalah membentangkan karpet pada jemuran. Gunakan jemuran yang kuat untuk menyangga karpet tersebut. Karena berat karpet pastinya akan bertambah saat terkena air.

3. Langkah ketiga

Langkah ketiga dalam mencuci karpet adalah menyemprot karpet dengan air. Gunakanlah penyemprot air bertekanan tinggi untuk menbersihkan karpet, hal ini bertujuan untuk memaksa kotoran-kotoran yang menempel di karpet agar keluar semua. Sebaiknya menggunakan alat kompresor air yang biasa digunakan untuk mencuci motor atau mobil.

4. Langkah keempat

Langkah keempat adalah menggunakan shampoo khusus untuk karpet. Setelah membasuh dengan air mulai gunakan shampoo khusus karpet. Perlu hati-hati dalam pemilihan shampoo ini karena jika anda salah memilih shampoo misal mengandung bahan pemutih sedangkan anda tidak mencuci karpet warna putih, maka warna karpet tersebut akan rusak warnanya.

5. Langkah kelima

Langkah kelima adalah menyikat karpet. Setelah memberikan shampoo, sikat karpet dengan sikat yang berbulu lembut. Dalam proses menyikat ini harus dilakukan dengan cara hati-hati agar bulu karpet tidak rusak atau kasar. JIka bisa hanya pakai tangan pada saat membersihkan karpet.

6. Langkah keenam

Langkah keenam dalam mencuci karpet adalah proses membilas. Bilaslah karpet dengan menggunakan tekanan air kecil sampai busa yang terdapat hilang. Ulangi proses ini sampai busa dan kotoran benar-benar hilang.

7. Langkah ketujuh

Langkah ketujuh adalah menjemur karpet. Jangan jemur karpet di ruangan terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini dapat merusak bulu karpet sehingga menjadi kasar. Jemurlah karpet di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus agar karpet tidak bau.

8. Langkah kedelapan

Langkah kedelapan adalah menggunakan baking soda. Jika karpet sudah kering, taburkan baking soda beberapa menit ke permukaan karpet. Setelah itu bersihkan menggunakan vacuum cleaner. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau dan menyerap kelembaban supaya karpet terasa nyaman pada saat digunakan.

Itulah beberapa langkah dalam mencuci karpet. Mudah bukan? Nah, kini anda bisa mencuci karpet di rumah anda sendiri tanpa harus pergi ke laundry karpet. Dengan begitu anda bisa berhemat dalam pengeluaran. Semoga bermanfaat

 

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *