Beenatu

6 Beasiswa Ke Eropa Yang Masih Sepi Peminat

Punya mimpi untuk ke Eropa? Bagi sebagian kamu, ke Eropa mungkin masih menjadi mimpi yang sulit diwujudkan. Keindahan Eropa yang sering kamu lihat di tv ataupun internet membuatmu sudah bermimpi sejak duduk di bangku sekolah untuk bisa menjejakkan kaki disana.

Namun kini mimpimu bisa kamu wujudkan dengan cara ikut beasiswa studi di Eropa. Ibarat peribahasa, sambil menyelam minum air. Kamu bisa sekolah sambil traveling di Eropa. Mulai dari melihat megahnya menara-menara yang berada di Ceko, merasakan manisnya coklat di Belgia, hingga selfie di depan Sagrada Familia di Barcelona.

Berikut ini beberapa beasiswa sekolah ke Eropa yang bisa kamu coba, siapa tahu mimpimu bisa terwujud.

1. Polandia

Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat
Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat

Mungkin negara dengan ibukota Warsawa ini masih kalah peminat dari negara Eropa lainnya soal perebutan kursi pelajar asing. Tapi bukan berarti kualitas pendidikannya kurang. Buktinya tingkat literasi penduduknya tinggi, yaitu 99,7%. Buat kamu yang berlatar belakang pendidikan sains atau teknik, sayang banget kalau sampai melewatkan beasiswa Ignacy ukasiewicz Scholarship Pragramme.

Selain untuk jenjang S2, beasiswa ini juga menawarkan untuk jenjang S3. Jika kamu berhasil meraih beasiswa ini, kamu berkesempatan untuk studi di universitas-universitas terbaik di Polandia secara gratis. Selain itu mendapat tunjangan bulanan sebesar PLN 1.350 (sekitar Rp 4,6 juta) untuk akomodasi dan biaya hidup. Kamu juga akan diberi kursus persiapan bahasa Polandia selama 1 tahun sebelum keberangkatan, karena perkuliahannya menggunakan bahasa pengantar bahasa Polandia. Untuk syarat dan info lebih lanjutnya kamu bisa klik link ini atau ini

Catatan: Yang tidak ditanggung dari beasiswa ini adalah biaya perjalanan pulang pergi dari dan ke Polandia serta asuransi.

2. Hungaria

Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat
Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat

Dewan Beasiswa Hungaria (HSB) ternyata menawarkan beasiswa yang cukup lengkap. Dari mulai riset pascasarjana, beasiswa S3 penuh, beasiswa S3 sebagian, riset posdoktoral, hingga kuliah musim panas yang berlangsung 2-4 minggu. Khusus yang terakhir disebutkan, bisa banget dijadikan pilihan. Selain dibebaskan dari biaya kuliah musim panas, kamu juga akan mendapat akomodasi dan makan gratis.

Di benakmu mungkin Hungaria masih kalah tenar dari Jerman atau Inggris. Namun, kamu harus tahu kalau negeri yang satu ini adalah negeri di mana banyak penemu lahir, sebut saja Leo Szilard sang penemu kulkas, Karoly Peter Goldmark sang penemu TV berwarna, hingga Erno Rubik sang penemu rubik. Jadi, sayang banget jika sampai melewatkan kesempatan untuk belajar di Hungaria. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

3. Ceko

Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat
Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat

Negara yang beribukotakan Praha ini kini tengah naik daun di kalangan traveler lantaran keindahan pariwisatanya. Kamu bisa juga bisa merasakan keindahan Praha dengan cara menuntut ilmu di sana lewat beasiswa. Ceko menawarkan beberapa beasiswa yang bisa kamu coba raih. Diantaranya Scholarship Awards under Bilateral International Agreements, Government Scholarships, hingga University Scholarships.

Salah satu beasiswanya memungkinkanmu untuk mendapat tunjangan biaya hidup selama 1 tahun pertama sebesar 700 Czech Crown (250 euro) per bulan. Ya, beasiswanya bersifat parsial memang. Akan tetapi, jika selama setahun prestasimu memuaskan, bukan tidak mungkin kamu akan dapat tambahan biaya lagi atau bahkan dibebaskan dari biaya kuliah oleh universitas. Untuk info lebih lanjut kamu bisa klik di link ini dan ini.

4. Spanyol

Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat
Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat

Spanyol ternyata bukan hanya tempat yang asyik untuk berlibur, tapi juga untuk menuntut ilmu. Buat kamu yang berminat untuk melanjutkan kuliah master di Spanyol, bisa banget melanjutkan pendidikan ke jenjang master di Barcelona Graduate School of Economics via beasiswa. Kampus Barcelona GSE hanya 5 menit dari pantai Barceloneta, strategis banget kan letaknya? Sementara bidang studi yang bisa kamu pilih dari mulai keuangan, ekonomi kebijakan publik, hingga ilmu data.

Asyiknya lagi, antara permohonan aplikasi magister-nya dengan beasiswa, tidak terpisah. Jadi, saat permohonan aplikasi magistermu selesai, secara otomatis kamu akan dipertimbangkan untuk beasiswa yang ada. Tertarik? Klik link ini dan ini untuk info selanjutnya.

5. Belgia

Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat
Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat

Beberapa tahun terakhir, beasiswa dari Belgia cukup jadi rebutan. Meski mungkin masih kalah sama popularitas negara Jerman. Pada tahun lalu pemerintah Flanders meluncurkan beasiswa baru yang bertajuk Master Mind Scholarships. Beasiswa ini terbuka untuk semua pelamar internasional. Sementara kursi yang disediakan adalah 45 kursi. Tenang, beasiswa ini tidak terbatas untuk jurusan tertentu aja, tapi buat semua jurusan. Raih kesempatan untuk mendapat bantuan dana sebesar 7500 euro atau sekitar Rp 112 juta. Mau tau lebih lanjut tentang beasiswa ini? Langsung klik link ini atau ini.

6. Denmark

Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat
Beasiswa Ke Eropa Sepi Peminat

Berminat studi ke Denmark? Ada banyak pilihan beasiswa ke Denmark yang ditawrkan. Dari mulai S2 di Aarhus University, beasiswa S3 di University of Southern Denmark, atau beasiswa S3 di Aalborg University, serta beasiswa lainnya. Memang lebih banyak tersedia beasiswa untuk jenjang S3. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika ke depannya kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang S3. Untuk info lebih lanjut tentang beasiswa studi ke Denmark, klik link ini dan ini.

Itulah beberapa beasiswa studi ke Eropa yang mungkin kamu bisa meraihnya. Sudah ada beasiswa yang kamu incar? Selamat berjuang dan semoga beruntung.

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *