Beenatu

8 Makanan & Minuman Pencegah Penyakit Jantung

makanan pencegah penyakit jatung
makanan pencegah penyakit jatung

Penyakit jantung kini tidak hanya menyerang para orang tua, tetapi anak muda yang masih masuk masa produktif juga dapat terserang penyakit mematikan nomor 1 di dunia. Biasanya penyakit dengan peningkatan kolesterol jahat ini akan menyerang orang yang memiliki pola hidup yang buruk. Kurang berolahraga, merokok dan obesitas menjadi penyebab seseorang terkena penyakit jantung. Selain itu seringnya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlemak menjadi salah satu penyebab penyakit ini.

Untuk itu, kita harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar dapat menjaga kolesterol dalam darah tetap normal. Ada beberapa jenis makanan dan minuman untuk mencegah penyakit jantung dan juga menurunkan kadar kolesterol darah dalam ambang batas normal. Berikut ini daftarnya.

1. Buah Tomat

makanan pencegah penyakit jatung
makanan pencegah penyakit jatung

Mengkonsumsi tomat mentah atau matang (dalam bentuk olahan) sangat baik dalam mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Buah tomat mengandung Antioksidan bernama lycopene yang diketahui lebih tinggi dari Vitamin E. Peneliti dari University of Verona menyatakan bahwa mengonsumsi saus tomat 80 gram sehari bisa mengurangi efek buruk makanan berlemak terhadap lapisan pembuluh darah dan mencegah terjadinya kerusakan arteri. Antioksidan bernama lycopene pada tomat diketahui lebih tinggi ketika tomat dimasak dan diolah ketimbang tomat yang mentah. Paling tidak dengan kita meminum 2 gelas jus tomat dalam sehari bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

2. Buah Strawberry

makanan pencegah penyakit jatung
makanan pencegah penyakit jatung

Buah strawberry ini banyak mengandung pektin, sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dalam penelitian, paling tidak tiga cangkir strawberry atau 24 buah dikonsumsi per 7 hari menunjukkan strawberry dapat menurunkan risiko serangan jantung pada perempuan berumur 50 tahun. Manfaat dari strawberry ini dihubungkan dengan kandungan antosianin dalam strawberry yang melimpah. Selain itu, kandungan quercetin di dalam strawberry dapat menurunkan risiko aterosklerosis akibat kolesterol jahat.

3. Anggur Merah

makanan pencegah penyakit jatung
makanan pencegah penyakit jatung

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Dr Jane Freedman dari Boston University Medical School menunjukkan bahwa ternyata orang yang meminum anggur dalam 14 hari secara berturut-turut akan menaikkan kadar kolesterol total dan juga HDL atau kolesterol baik. Jus anggur atau anggur merah (wine) memang terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi yang berperan dalam membantu meningkatkan kadar HDL dalam darah.

4. Jus Lemon

makanan pencegah penyakit jatung
makanan pencegah penyakit jatung

Menurut American Dietetic Association, kandungan limonoids didalam lemon berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, lemon juga sangat kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat. Nigerian Journal of Physiological Sciences pernah melaporkan bahwa citamin C yang berasal dari lemon setelah dikonsumsi selama 30 hari bisa menurunkan kolesterol jahat secara signifikan.

5. Kacang-kacangan

makanan pencegah penyakit jatung
makanan pencegah penyakit jatung

 Jenis kacang-kacangan ini seperti halnya almond, kenari dan kacang jenis lainnya menurut penelitian memakan beberapa kenari setiap hari dapat menurunkan kolesterol dalam darah kurang lebih sebanyak 27 persen. Menurut lembaga pengawasan obat dan makanan AS (FDA), memakan sekitar segenggam (42,5 gram) kacang almond, hazelnut, kacang tanah, pecan, kacang pinus, kacang pistachio dan walnut, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lemak Omega-3 dan antioksidan pada kacang-kacangan bekerja untuk merehabilitasi kerusakan arteri yang disebabkan oleh lemak jenuh. Sehingga makanan ini adalah salah satu pilihan untuk bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah kita.

6. Ikan Laut

makanan pencegah penyakit jatung
makanan pencegah penyakit jatung

Mengkonsumsi ikan laut juga dapat mencegah penyakit jantung. Mengganti konsumsi daging dengan ikan laut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini lantaran daging mengandung lemak jenuh yang berperan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sedangkan ikan laut jenis tertentu, seperti salmon, sarden dan tuna kaya asam lemak omega 3, yang berperan menurunkan trigliserida. Dan ini pun kita harus mengubah pola makan kita dengan pola hidup sehat. karena kebanyakan masyarakat kita lebih menyukai makan daging daripada makan ikan. Padahal kandungan ikan lebih banyak bermanfaat untuk kesehatan kita. Seperti yang tengah gencar digalakkan pemerintah kita khususnya kementrian kelautan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan laut dalam hal ini adalah berbagai macam jenis ikan.

7. Bawang Putih

makanan pencegah penyakit jatung
makanan pencegah penyakit jatung

Bawang putih ini banyak mempunyai efek yang positif dan baik pada kolesterol jahat tentunya dalam rangka menjaga kolesterol baik. Banyak uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. American Dietetic Association menyarankan agar mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih, kita harus mengonsumsi 600 – 900 mg (sekitar 1 siung segar) per hari. Dan bawang putih ini pun adalah salah satu bumbu masakan yang selalu ada dalam menu keseharian kita.

8. Sayuran Hijau

makanan pencegah penyakit jatung
makanan pencegah penyakit jatung

Sayuran hijau banyak terdapat dalam negara kita Indonesia yang tercinta ini. Sayuran hijau ini banyak mengandung vitamin B kompleks dan niasin yang mencegah pembekuan arteri dan pembekuan arteri ini juga yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan juga stroke. Contoh sayuran hijau yang banyak diantaranya yaitu: bayam, seledri, kapri, brokoli, sawi hijau dan lain-lain.

Itulah 8 makanan & minuman pencegah penyakit jantung. Dengan bisa mengenali akan berbagai macam makanan & minuman penurun kolesterol ini, kita bisa menjaga kesehatan jantung kita dan terhindari dari berbagai macam jenis penyakit jantung. Semoga bermanfaat.

beenatu adm

One thought on “8 Makanan & Minuman Pencegah Penyakit Jantung

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *