Beenatu

6 Kebiasaan Yang Membuat Boros Anak Kost

kebiasaan boros anak kost
kebiasaan boros anak kost

Menjadi anak kost merupakan sebuah tantangan bagi para mahasiswa yang berkuliah di luar kota. Karena setelah lama tinggal bersama orang tua, akhirnya bakal merantau dan tinggal seorang diri di kost-kostan. Selain dituntut harus bisa mandiri dalam hal apapun, juga harus pintar dalam mengelola uang. Terlebih lagi mengingat uang-uang tersebut masih pemberian dari orang tua yang sudah dijatah untuk 1 bulan. Namun sayangnya, seringkali banyak pengeluaran-pengeluaran yang tidak dapat dihindari.

Berikut 6 kebiasaan yang membuat boros keuangan anak kost.

1. Beli nasi bungkus tiap hari

kebiasaan boros anak kost
kebiasaan boros anak kost

Tugas yang seabrek, belum lagi kegiatan ekstrakulikuler di kampus membuat para mahasiswa jadi tidak punya waktu buat masak. Biasanya sih, nyampek kost udah tepar. Akhirnya, ujung-ujungnya selalu beli nasi bungkus. Ini adalah salah satu kebiasaan yang bisa menguras uang dengan cepat. Agar lebih menghemat, setidaknya usahakan masak nasi saja. Jadi kamu cukup beli lauk.

2. Fotocopy catatan teman

kebiasaan boros anak kost
kebiasaan boros anak kost

Salah satu kebiasaan anak kuliahan yang buruk adalah males mencatat bahan kuliah ketika dosen menerangkan. Entah itu karena dosennya kecepetan ngomong atau emang kamunya yang malas nulis. Akhirnya, ketika menjelang ujian, kamu bakal minjem catatan temen-temenmu dan memfotocopy-nya. Nah, kalo mata kuliahmu ada 10, berarti kamu harus fotocopy 10 macam catatan. Kebiasaan ini bikin boros uangmu, padahal bahan kuliah bisa kamu catat dengan mencicil sebelumnya.

3. Nongkrong di kafe

kebiasaan boros anak kost
kebiasaan boros anak kost

Jalan-jalan bareng temen dan nongkrong di kafe menjadi hiburan tersendiri bagi anak kuliahan. Gimana tidak? pasalnya, sehari-hari mereka udah suntuk dengan pelajaran kuliah. Ya, nongkrong di kafe sih boleh-boleh aja. Tapi kalo keseringan bikin kantongmu jebol juga.

4. Nonton bioskop

kebiasaan boros anak kost
kebiasaan boros anak kost

Kegiatan yang satu ini emang nggak terlalu penting, tapi karena diajak temen akhirnya kamu ikut-ikutan aja. Ya, gimana lagi.. Soalnya kalo nggak ikut, nanti dibilang nggak asik. Daripada kamu nonton ke bioskop. mending tunggu filmnya rilis di youtube aja. Kamu bisa donlot sendiri atau pinjem cd di rental. Alternatif lain, ngopi aja ke temen kost’anmu yang punya filmnya. Lebih hemat, kan?

5. Jalan-jalan saat liburan

kebiasaan boros anak kost
kebiasaan boros anak kost

Nih biasanya kebiasaan para cewek. Kalo lagi liburan pengennya jalan-jalan. Entah itu ke mall atau pasar. Niatnya sih cuma cuci mata, nggak beli apapun. Eh, pas udah nyampek liat barang lucu-lucu dan harganya lagi diskon pula, akhirnya pun tertarik buat belanja. Belanja sih boleh-boleh aja, tapi liat kondisi keuanganmu juga ya.

6. Pulsa buat telponan dengan pacar

kebiasaan boros anak kost
kebiasaan boros anak kost

Jadi anak kuliahan itu waktu dimana kita lagi asik-asiknya lirik sana-sini. Usaha buat cari pacar. Ada yang dapet pacar sekelas, tapi ada juga yang setia dengan pasangan di kampung halaman. Nah, bagi yang LDR’an, biasanya sering teleponan dari malem sampe pagi. Belum lagi setiap hari harus smsan terus. Kadang-kadang hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang bikin kamu boros.

Itulah 6 kebiasaan yang bisa membuat boros keuangan anak kost. Bijaklah dalam menggunakan uangmu ya guys dan pintar-pintarlah mengelola keuanganmu agar terhindar dari keborosan 😉

 

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *