Beenatu

Suka Duka Anak Kost di Bulan Ramadhan

Buat kamu yang masih di perantauan saat bulan Ramadhan, yang sabar yak. Begini nih rasanya harus menerima kenyataan puasa jauh dari orangtua dan mempersiapkan kebutuhan puasa sendiri. Mulai dari kebutuhan sahur hingga kebutuhan saat berbuka puasa. Namun gak cuma sedih aja, tinggal di kos selama bulan Ramadhan itu juga bisa menyenangkan lho. Apa saja sih suka duka anak kost di bulan Ramadhan? Berikut ulasannya.

1. Lupa Sahur

Anak Kost di Bulan Ramadhan
Anak Kost di Bulan Ramadhan

Mengerjakan sahur termasuk perbuatan yang disunnahkan karena makan sahur berfungsi untuk memperbarui sumber energi cadangan dalam menjalani hari selama berpuasa. Sayangnya, anak kost sering kali kelupaan sahur dengan berbagai alasan, dari lupa nyetel alarm, nggak ada teman yang bangunin atau udah bangun tapi tidur lagi gara-gara semalam begadang nonton bola. Kalau udah nggak sahur, jangan tanya kenapa anak kost kelihatan lebih lemes di jam-jam kritis. Tapi walaupun nggak sahur, anak kost tetap bertekad puasa selama satu hari penuh dengan sekuat tenaga.

2. Galau Menu sahur

Anak Kost di Bulan Ramadhan
Anak Kost di Bulan Ramadhan

Karena anak kos punya keterbatasan skill dalam memasak, dan juga ada yang malas untuk pergi keluar mencari menu sahur, alhasil setiap kali sahur selalu kebingungan sendiri. Dan ujung-ujungnya kembali ke menu andalan, yaitu mie instan dan telur. Inilah salah satu duka anak kost di bulan Ramadhan.

3. Anak Kost yang Nggak Puasa Sulit Cari Makan Siang

Anak Kost di Bulan Ramadhan
Anak Kost di Bulan Ramadhan

Waktu Ramadhan, warung-warung makan di sekitar daerah kos banyak yang tutup. Nggak heran kalau anak kost yang nggak menjalankan puasa atau sedang berhalangan puasa, akan kesulitan cari makan siang. Jadinya mereka harus cari lebih jauh biar dapet warung atau restoran tertentu yang tetap buka. Bener-bener duka anak kost di bulan Ramadhan.

4. Lebih Dekat Dengan Teman-teman Kost

Anak Kost di Bulan Ramadhan
Anak Kost di Bulan Ramadhan

Di saat bulan puasa seperti ini, persaudaraan anak kost makin kuat karena sebagai pengganti keluarga. Saling bangunin waktu sahur dan buka puasa bareng. Waktu makan bareng, akan selalu ada obrolan, gosip, atau becandaan yang makin nambah keakraban. Teman yang sebelumnya tidak terlalu kita kenal jadi dekat, aktivitas-aktivitas yang biasanya berbeda, menjadi sama. Bahkan yang sebelumnya tidak pernah sholat bersama, sekarang jadi satu. Oleh sebab itu, bulan puasa bisa ngebuat anak kost makin menghargai kebersamaan mereka layaknya kebersamaan bersama keluarga. Inilah salah satu suka anak kost di bulan Ramadhan.

5. Buka Puasa Gratis Ada di Mana-mana

Anak Kost di Bulan Ramadhan
Anak Kost di Bulan Ramadhan

Nah ini yang paling menjadi suka anak kost di bulan Ramadhan yaitu buka puasa gratis ada di mana-mana. Anak kost hanya butuh sedikit kerja keras cari masjid maupun spot lain yang nawarin takjil dan buka puasa gratis. Selain itu bisa makan dengan menu yang berbeda-beda setiap hari tanpa keluar uang. Biasanya tawaran buka puasa gratis bisa ditemui di kampus, masjid sekitar kampus, maupun masjid-masjid besar yang lain. Selain kenyang secara gratis, anak kost bisa menghemat uang bulanan. Pasukan PPT (Para Pemburu Pakjil) sudah siapkah kamu berburu takjil? 😀

6. Semangat yang Besar Menanti Lebaran

Anak Kost di Bulan Ramadhan
Anak Kost di Bulan Ramadhan

Karena sepanjang puasa kamu sendirian, maka mendekati Lebaran kamu menjadi lebih bersemangat. Ini saatnya kamu bertemu dengan keluargamu setelah sekian lama sendirian. Tidak hanya keluarga di rumah saja, tapi juga bisa bertemu dengan saudara yang tinggal jauh di luar kota dan hanya bisa bertemu saat Lebaran saja. Tentu kebersamaan dengan keluarga besar saat Lebaran akan terasa lebih bermakna.

Itulah suka duka anak kost di bulan Ramadhan. Apakah kamu mengalaminya juga? 😀

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *