Beenatu

7 Tips Membuat CV yang Memenangkan Perhatian Recruiter

membuat cv yang menarik
membuat cv yang menarik

Sudah berkali-kali memasukkan lamaran kerja tapi tak kunjung dapat panggilan wawancara? Belum tentu itu karena kamu tidak punya skill yang dibutuhkan, tetapi kamu kurang maksimal menunjukkan potensimu dalam CV yang kamu ajukan. Dalam dunia kerja saat ini, CV  yang kamu ajukan harus langsung memukau perusahaan yang dituju. Umumnya para recruiter hanya membutuhkan enam detik untuk melihat CV sebelum memutuskan apakah kandidat ini lolos tahap selanjutnya atau tidak. Oleh karenanya, simak tips berikut ini agar CV yang kamu ajukan dapat mencuri perhatian recruiter di perusahaan yang kamu lamar.

1. Buat halaman CV yang menarik

membuat cv yang menarik
membuat cv yang menarik

Buatlah CV mu semenarik mungkin. Kamu dapat membuat desain dan grafis yang baik pada CV mu. Kamu bisa memakai warna pada garis atau jenis font selain Times New Roman agar terlihat menarik. Namun ingat jangan berlebihan. Sebisa mungkin buatlah CV yang bisa dibaca dan dipahami dalam waktu 5 menit.

2. Tingkatkan informasi kontak

membuat cv yang menarik
membuat cv yang menarik

Para recruiter bisa sangat sibuk. Jadi, buatlah pekerjaan mereka jadi mudah. Tidak perlu memberikan alamat rumahmu secara lengkap. Yang lebih penting adalah buat tautan ke surat elektronik dan media sosial, seperti LinkedInfacebook, supaya manajer bisa langsung menilaimu.

3. Hilangkan pernyataan tujuan

membuat cv yang menarik
membuat cv yang menarik

Para recruiter saat ini tidak peduli dengan apa yang kamu cari. Mereka fokus mencari orang yang tepat. Pernyataan tujuan di CV sudah sangat usang dipakai sekarang dan saatnya dihilangkan. Untuk memulai CV, kamu bisa mulai dengan sinopsis karier profesional secara singkat yang berisi pengalaman, sejarah, dan prestasi terbesar Anda. Atau jika kamu masih fresh graduate, bisa cantumkan pengalaman-pengalaman organisasi ataupun magang yang pernah kamu lakukan sewaktu kuliah dulu. Tapi ingat, cantumkan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

4. Pandu mata pembaca

membuat cv yang menarik
membuat cv yang menarik

Internet telah mengubah perilaku orang membaca. Orang-orang tidak membaca dari atas ke bawah lagi tapi melihat hal-hal berbeda di setiap bagian. Jika kamu tidak membuat resume yang menarik maka banyak hal terabaikan.

5. Kalahkan robotnya

membuat cv yang menarik
membuat cv yang menarik

Banyak perusahaan menengah dan besar menggunakan perangkat lunak untuk menyaring kandidat. CV mu memerlukan kata kunci yang tepat. Mengubah kata-kata sederhana seperti customer relation menjadi client relation bisa membantu CV mu disetujui.

6. Masukkan skill lain

membuat cv yang menarik
membuat cv yang menarik

Daripada memasukkan informasi-informasi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang kamu lamar, kamu bisa menambahkan skill lain yang kamu kuasai di luar bidang yang kamu tekuni. Misalkan kamu mahir membuat desain dengan Photoshop atau menguasai bahasa asing. Tambahan keahlian ini bisa menjadi nilai plus-mu di mata recruiter.

7. Maksimalkan halaman

membuat cv yang menarik
membuat cv yang menarik

Kamu mungkin pernah dengar saran agar melupakan batasan CV hanya satu halaman. Tapi kenyataannya, hal itu ternyata perlu. CV dengan dua halaman atau lebih hanya cocok untuk mereka yang memiliki pengalaman kerja 30 tahun. Kalau kamu baru memulai karier maka cukup satu halaman saja.

Dengan CV, recruiter akan melihat apa saja yang telah kamu lakukan selama ini, dan seberapa besar potensimu untuk diberi sebuah posisi pekerjaan. Karena itu, buatlah CV mu secara habis-habisan. Pastikan potensimu yang luar biasa bisa ditemukan oleh recruiter yang membaca. Good luck 😉

beenatu adm

2 thoughts on “7 Tips Membuat CV yang Memenangkan Perhatian Recruiter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *