Beenatu

5 Makanan Nusantara Yang Hanya Ada Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Dimana di bulan ini pintu surga dibuka lebar-lebar, pintu neraka ditutup rapat-rapat, setan dan iblis pun dibelenggu. Semua amalan baik akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Selain itu di bulan Ramadhan Kita juga bisa menikmati berbagai macam olahan makanan khas Ramadhan yang dijajakan di sepanjang jalan atau pun di Pasar Ramadhan. Mungkin sebagian dari Kita berfikir bahwa olahan makanan khas Ramadhan hanya kolak, kurma dan timun suri. Namun sebenarnya masih banyak sajian kuliner Ramadhan yang berasal dari nusantara. Untuk mengetahuinya, berikut 5 makanan nusantara yang hanya ada saat Ramadhan.

1. Kicak (Yogyakarta)

makanan khas ramadhan
makanan khas ramadhan

Kicak merupakan makanan khas Ramadhan dari Yogyakarta. Tradisi membuat kicak saat bulan Ramadhan bermula dari sebuah desa di Kauman. Hingga sekarang tradisi menyajikan kicak di bulan Ramadhan masih terpelihara dengan baik. Kicak terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan nangka. Makanan manis ini sangat cocok disajikan saat berbuka puasa. Makanan ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, hanya 2 ribu rupiah saja.

2. Pakat (Tapanuli)

makanan khas ramadhan
makanan khas ramadhan

Masyarakat Tapanuli juga memiliki olahan makanan khas Ramadhan, yaitu Pakat. Makanan ini berasal dari rotan muda yang telah dibakar diatas api selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu daging rotan muda tersebut dipotong-potong dan disajikan bersama dengan santan kelapa. Makanan ini dapat anda beli dengan harga 8 ribu s.d 10 ribu rupiah.

3. Gulai Siput (Riau)

makanan khas ramadhan
makanan khas ramadhan

Mendengar namanya saja mungkin sudah terasa aneh bagi kita. Memang makanan ini tergolong aneh dan unik. Gulai ini terbuat dari siput sawah dengan tambahan beberapa sayuran segar. Menariknya gulai siput asal Riau ini cangkang siputnya tidak dikupas. Hal ini bertujuan agar memberikan kenikmatan bagi yang memakannya. Untuk bisa mencicipi olahan makanan khas Ramadhan ini, Anda dapat membelinya dengan harga 5 ribu rupiah.

4. Sotong Pangkong (Pontianak)

makanan khas ramadhan
makanan khas ramadhan

Bagi Anda pecinta makanan sea food, Anda wajib mencoba olahan makanan khas Ramadhan asal Pontianak yaitu Sotong Pangkong. Makanan ini berasal dari cumi yang telah dikeringkan, lalu cumi tersebut dibelah menjadi lebar dan dipukul hingga pipih kemudian dibakar. Untuk penyajiannya, makanan ini ditemani dengan bumbu khas sotong pangkong. Untuk 1 porsi Sotong Pangkong, Anda dapat membelinya dengan harga 5 ribu s.d 20 ribu rupiah tergantung besar kecilnya ukuran sotong.

5. Sate Susu (Bali)

makanan khas ramadhan
makanan khas ramadhan

Bagi muslim yang berdomisili di Bali, sate susu merupakan makanan khas yang selalu ada saat bulan Ramadhan tiba. Makanan ini terbuat dari daging kantung susu pada sapi yang diberi beberapa bumbu rahasia dan dibakar diatas arang. Untuk membawa pulang makanan ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah saja.

Itulah beberapa olahan makanan nusantara yang hanya ada saat ramadhan. Mungkin bisa menjadi alternatif menu buka puasa Anda nanti 🙂

beenatu adm

One thought on “5 Makanan Nusantara Yang Hanya Ada Saat Ramadhan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *