Beenatu

Awas, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Traveling

kesalahan saat traveling
kesalahan saat traveling

Seorang traveler yang bepergian selalu dekat dengan berbagai kejadian yang tidak terduga. Bahkan ketika sebuah perjalanan sepertinya telah direncanakan dengan matang masih ada celah bagi hal-hal yang tidak menyenangkan menimpa traveler. Kadang keselamatan traveler itu sendiri yang menjadi taruhannya sedangkan mereka tidak sadar jika merekalah yang menjadi biang dari semua kekacauan.

Jika Anda sedang merancanakan untuk berlibur, hindari beberapa kesalahan saat traveling berikut ini. Agar traveling Anda aman dan nyaman sehingga ketika pulang berlibur suasana senang yang Anda bawa, bukan malah sebaliknya. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Tidak Membackup Dokumen dan Menyimpan Uang Cadangan

Kesalahan saat traveling yang pertama dan sering tidak disadari seorang traveler namun tetap saja dilakukan adalah bepergian tanpa membuat backup atau salinan dari dokumen-dokumen penting seperti paspor, visa, atau dokumen perjalanan lainnya. Mereka juga sering luput untuk menyimpan uang serta kartu kredit cadangan di lokasi yang berbeda. Padahal ini sangat penting sebagai langkah antisipasi jika hal apes seperti kejambretan atau kecopetan menimpa si traveler itu sendiri meski semua berharap hal tersebut tidak akan terjadi.

2. Terlalu Banyak Membawa Barang

Membawa barang-barang dalam jumlah besar dalam koper hingga kelebihan muatan benar-benar dapat menempatkan Anda dalam bahaya untuk beberapa alasan. Pertama, seumpama hal buruk terjadi Anda akan kesulitan untuk menyelamatkan diri dengan cepat sedangkan Anda harus membawa koper yang berat. Kedua, menyeret koper beroda di bandara membuat Anda terlihat seperti seorang musafir yang belum berpengalaman sehingga nampak empuk untuk dijadikan sasaran tindak kejahatan. Akan jauh lebih aman bagi Anda untuk membawa ransel apalagi benda ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana.

3. Pergi Tanpa Asuransi

Hai ini juga menjadi kesalahan saat traveling, jangan mencoba untuk bepergian tanpa asuransi meski harus menambah beban pengeluaran Anda. Mungkin kebanyakan traveler berfikir bahwa perjalanannya akan baik-baik saja dan tidak akan ada yang terjadi, tapi bukankah lebih baik berjaga-jaga ketimbang menyesal nantinya. Ada pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati. Hal ini bisa traveler terapkan dalam kegiatan travelingnya termasuk mengurus asuransi perjalanan. Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi bahkan dalam satu menit ke depan. Bisa saja seorang traveler akan mengalami kecelakaan, keadaan darurat medis, pencurian dan bencana lainnya. Pastikan pula untuk mempelajari dokumen asuransi sehingga Anda memahami mencangkup apa saja asuransi perjalanan tersebut.

4. Sembarangan Membuka Pintu Hotel

Kewaspadaan harus selalu dilakukan traveler dimanapun berada termasuk di dalam kamar hotel sekalipun. Suatu tindakan yang biasanya dilakukan traveler tanpa berfikir panjang adalah membukakan pintu kamar saat ada orang mengetuknya. Padahal ini adalah tindakan yang ceroboh, bisa jadi mereka yang ada di depan pintu kamar adalah seseorang yang siap merampok Anda. Itulah kenapa pihak hotel selalu memasang lubang intip di setiap kamar. Gunanya untuk melihat siapa yang sedang berada di luar dan akan bertamu, Anda musti gunakan fasilitas tersebut. Jika Anda tidak merasa memesan layanan kamar atau pemeliharaan namun kemudian ada orang mau masuk ke kamar sebaiknya konfirmasi dulu ke pihak resepsionis melalui telepon kamar.

5. Memberitahukan Tempat Menginap Pada Orang Asing

Kesalahan saat traveling yang sering dilakukan berikutnya adalah memberitahu dimana tempat menginap kepada orang asing atau orang yang baru dikenal. Sangat penting bagi traveler wanita dan mereka yang melakukan solo traveling untuk tidak dengan mudah memberikan informasi tentang alamat penginapan Anda kepada orang yang baru dikenal. Anda tidak pernah tahu niat dari mereka apakah hanya sebagai bahan perbincangan semata atau ada niat bulus dibalik itu semua. Informasi tentang alamat penginapan bisa dijadikan rujukan bagi mereka yang memiliki niat jahat untuk merampok Anda. Jika ada orang asing tetap ngotot ingin tahu dimana Anda tinggal maka bisa Anda jawab dengan menerangkan informasi umum yang samar-samar dan berpura-puralah lupa dengan nama hotel tempat menginap.

6. Menggunakan Taksi Ilegal

Jika menggunakan angkutan umum terutama taksi pastikan jika mereka memiliki izin operasi yang legal. Hal ini sangat penting karena menyangkut keselamatan Anda selama perjalanan. Sekarang banyak sekali jasa angkut dengan mobil mewah yang ternyata tidak mengantongi izin. Mungkin mereka akan mengiming-imingi Anda dengan tarif yang lebih murah namun keselamatan Anda jauh lebih berharga ketimbang kehilangan uang untuk membayar taksi legal yang lebih mahal. Anda bisa mencari informasi di internet tentang taksi resmi apa saja yang beroperasi di kota tujuan atau meminta pihak hotel memesankannya untuk Anda.

7. Mengekspos Perhiasan dan Gadget Mahal

Kesalahan saat traveling yang terakhir adalah jangan sampai membuat diri Anda menjadi terget penjambret dan pencopet dengan mengenakan perhiasan mahal yang mencolok serta menenteng smartphone atau gadget mewah lainnya di tempat umum. Bahkan beberapa traveler berpengalaman menyarankan untuk selalu menenteng tas kumel dan hape jadul jika sedang traveling. Hal ini jauh lebih aman ketimbang berdandan glamor. Ketika traveler terlihat mengenakan perhiasan dan gadget high end makan layaknya gula yang jatuh akan menjadi pusat perhatian para semut yang tidak lain digambarkan sebagai pencopet atau penjambret. Namun sayang masih saja ada traveler yang suka berdandan berlebihan dan mengenakan aksesoris branded. Mestinya mulai sekarang Anda pertimbangkan hal ini demi keselamatan.

Itulah beberapa kesalahan saat traveling yang harus Anda hindari saat berlibur. Semoga bermaanfaat dan selamat traveling dengan aman dan nyaman 😉

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *