Beenatu

Berolahraga Saat Puasa, Ini Tipsnya

Berolahraga saat puasa
Berolahraga saat puasa

Puasa bukan halangan untuk tetap berolahraga. Terbukti, sebagian besar orang masih tetap berolahraga meski sedang menjalankan ibadah puasa. Bagi mereka yang hobi olahraga, kegiatan ini merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi walau dalam keadaan puasa sekalipun namun dengan porsi dan intensitas yang berbeda dibandingkan dengan hari-hari biasa saat tidak berpuasa.

Berolahraga memiliki banyak manfaat, diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stress, meningkatkan fungsi otak, dan masih banyak lagi. Namun olahraga juga dapat mendatangkan efek negatif jika anda salah dalam berolahraga. Terlebih dibulan puasa, mengingat kondisi tubuh selama berpuasa tak sama dengan di saat tidak puasa.

Oleh karena itu, untuk membantu anda menjaga rutinitas berolahraga selama bulan puasa, berikut 5 tips terbaik yang bisa anda coba:

1. Sahur Mendekati Imsak

Selain dianjurkan dalam ajaran agama, sahur mendekati waktu imsak juga berguna memperpendek masa kekosongan perut. Pilihlah menu sahur yang sehat dengan tetap mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi protein. Cara ini akan membuat anda kenyang lebih lama dan menjaga tingkat energi anda sepanjang hari sehingga anda tetap bisa berolahraga saat puasa.

2. Berolahraga Menjelang Berbuka

Untuk mencegah dehidrasi, jangan memilih waktu berolahraga di pagi atau siang hari. Pilihlah waktu di sore hari sebelum berbuka. Awali dengan 20 menit menjelang berbuka, kemudian tambahkan 30 menit di hari berikutnya dan seterusnya secara bertahap. Sehingga saat tubuh memerlukan tambahan nutrisi, Anda bisa mengisinya langsung saat berbuka.

3. Jangan Lupa Pemanasan Dan Pendinginan

Melakukan pemanasan dan pendinginan bisa membantu mengurangi cedera sewaktu anda berolahraga saat puasa. Mulailah dari alat atau gerakan-gerakan yang ringan kemudian naikkan bebannya secara bertahap.

4. Istirahat Cukup di Malam Sebelumnya

Berolahraga saat puasa akan menguras banyak energi. Agar tetap fit dan tidak lemas saat berolahraga, Anda harus mendapatkan istirahat cukup di malam hari. Memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu stamina Anda tetap terjaga, terutama saat berolahraga.

5. Jangan Menunda Waktu Berbuka

Bila sudah masuk waktu berbuka, jangan menunda untuk berbuka. Segera minum dan makan secukupnya dengan asupan makanan yang bergizi untuk mengganti energi tubuh yang hilang saat berolahraga. Makanan tinggi protein sangat dianjurkan untuk mencegah penyusutan otot dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

Nah, kini anda tak perlu takut lagi berolahraga saat puasa 😉

beenatu adm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *